Popular Post

Popular Posts

Nah, buat kamu -kamu yang masih bingung dengan gimana cara bikin Zine, dam sebelum tim The Youth Corner ketemu kalian di event creative workshop pengenalan dan cara bikin Zine, sepertinya pemberian sedikit tips akan berguna bagi kamu yang berminat untuk membuat sebuah zine. basically gampang banget koq! Cuman modal kertas, gunting, lem, pensil, plus hal-hal yang kamu tahu, kamu mau bgai, dan yang kamu rasa... plus tentunya semangat mudamu!
  1. Cobalah untuk membaca dulu zine zine yang sudah beredar. Lebih baik jika mempunyai 5 atau lebih sebagai bahan perbandingan.
  2. Tentukan tujuan zine atau topik zine. Sehingga akan lebih fokus dalam pembuatan zine. Misalnya zine Punk maka tidak perlu memasukkan gossip Elma Theana, tapi masukkan gossip band band Punk paling ganteng didaerah kamu (kecuali Elma Theana pacaran dengan Charles Bronson). Jika zine bertopik Kacang Tanah maka jangan masukkan ide ide kamu tentang ikan di laut yang ga berhubungan dengan kacang tanah.
  3. Pikirkan kerangka dan rubrik rubrik apa saja yang akan ditampilkan. Apakah akan menjadi kumpulan tulisan, atau ditambah dengan komik, interview atau review. Semuanya bebas kamu buat.
  4. Kumpulkan bahan bahan yang terkait , bisa kamu buat sendiri, dan mungkin bisa juga kamu ambil dari zine zine lain atau sumber lain lagi. kalau mengambil dari sumber lain maka sebaiknya ditulis juga sumbernya. Tetapi jika sumber yang kamu ambil ternyata juga mengambil dari sumber lain tulis aja dua duanya sebagai sumber.
  5. Pikirkan lay-out yang bersahabat dengan mata. Jangan sampai orang tidak jadi baca zine kamu karena pusing dikarenakan lay-out yang terlalu berantakan.
  6. Buat cover yang menarik, biasanya provokatif. Curi aja gambar gambar dari crimethnic atau sumber sumber lain yang kamu anggap bagus.
  7. Siapkan uang untuk foto kopi. Harus cukup jelas cetakannya. Karena kita ga suka baca tulisan buram bukan?
  8. Cari tempat tempat untuk menjualnya. Untuk harga jual jangan lupa tambahkan Rp. 500,- atau Rp. 1000,- tentukan saja sendiri lalu tambahkan lagi 10% dari jumlah tadi untuk menjadi harga jual di toko tersebut. Karena biasanya mereka menarik bagi hasil sebesar 10%. Kecuali zine kamu memang dimaksudkan untuk dibagikan gratis.
  9. Tetapi barang barang cetakan dari kertas yang dibagikan gratis saat ini hanya dijadikan tempat duduk atau payung darurat sekali pakai. Apalagi zine yang terdiri dari beberapa halaman bisa menjadi beberapa alas tempat duduk pula. Maka supaya zine kamu tidak sia sia taruhlah harga walaupun sedikit Rp. 500 atau Rp. 1000 lah.
Buat promosi yang provokatif. Dimana mana dan sebesar kamu bisa. Walaupun kamu hanya mencetak 5 eksemplar. Karena membuat nama zine kamu jadi dikenal adalah awal dari orang berusaha membaca zine kamu.

Copyright © Indonesian ZINE Community

- Copyright © OTODIDAK RESUREKSI - Devil Survivor 2 - Powered by Blogger - Designed by Johanes Djogan -