Home » , » CARA AFDRUK SCREEN SABLON MANUAL

CARA AFDRUK SCREEN SABLON MANUAL

Lewat artikel ini saya akan sajikan secara detail proses cara afdruk screen sablon kaos manual dengan step by step dengan foto-foto. Semoga artikel saya kali ini bisa membantu mempermudah anda dalam memahami tentang cara afdruk screen dan memperlancar persiapan anda membuka usaha sablon kaos manual,



Cara afdruk screen pertama-tama pastikan screen yang akan kita pakai dalam keadaan bersih, bila perlu cuci dengan sabun colek, bilas dan keringkan sebelum digunakan. Pengeringan bisa dengan dijemur atau di letakkan didepan kipas angin. Membuat obat afdruk, masukan sedikit obat afdruk ke tempat yang telah disediakan, diperkirakan sejumlah screen yang akan kita olesi, lalu teteskan sensitizer dan diaduk. Bila dirasa terlalu kental bisa dicampur dengan sedikit air. INGAT!!! Saat anda membeli obat afdruk anda akan mendapatkan 2 botol obat, satu botol besar obat afdruk dan sensitizer dalam botol kecil, jangan pernah langsung mencampur keduanya sekaligus karena obat afdruk akan cepat rusak.






Pengolesan screen, tuang obat afdruk yang telah kita campur tadi kebagian luar screen, ratakan dengan alat yang telah disediakan. Lakukan hal yang sama dibagian dalam screen. Sampai obat benar-benar rata menutupi kedua sisi dari screen.


Keringkan screen dalam ruangan gelap dengan kipas angin atau hairdryer.



Masih dalam ruangan gelap siapkan meja afdruk, bersihkan permukaan kacanya dan pastikan lampu dan kelengkapan lainnya siap. Letakkan screen dengan bagian luar diatas, tempelkan film pada posisi yang benar (terbalik sudut pandang dari bagian dalam screen).



Seting pra afdruk, letakkan screen dengan bagian dalam diatas, letakkan kertas hitam. 



Setelah kertas hitam letakkan busa diatasnya. 



Letakkan triplek tebal untuk menekan busa diatas screen. 



Letakkan pemberat diatasnya. 



Nyalakan lampu pada meja afdruk, jika yang dipergunakan adalah lampu 2X20 watt, waktu penyinaran antara 5 sd 10 menit. Setelah selesai proses penyinaran, segera matikan lampu, angkat pemberat, lepas sepon dan kertas, lepas film yang menempel pada bagian luar screen dan segera guyur dengan air. Setelah diguyur dengan air maka akan kelihatan perubahan warna pada bagian yang di film tadi. Warna yang biasanya cenderung muda dan tembus pandang itu adalah area gambar hasil afdruk tadi. Semprotlah secara perlahan pada area tersebut sehingga gambar yang diinginkan akan terbentuk sempurna dan seluruh pori-pori terbuka. Jangan memegang atau menyentuh keras kain screen pada sat proses ini. Teliti kembali screen yang telah diafdruk tersebut. Jika terdapat lubang-lubang kecil yang tidak kita inginkan sebagai akibat dari permukaan meja atau gambar klise yang kotor segera lakukan penursiran (tursir) denga sisa obat afdruk dan menggunakan lidi. Keringkan screen dan screen siap dipakai.
Share this article :
 
Support : NoiseblastMedia | Webveloper | DimzGraphics2.0
Discopyright © 2011. OTODIDAK RESUREKSI
Template Re-Modify by DimzWeb2.0 Inspired Wordpress Hack
Proudly powered by Blogger